Bisnis,

8 Jenis Kamera CCTV yang Digunakan di Seluruh Dunia

Closed Circuit Television atau CCTV saat ini sangat populer digunakan di seluruh dunia dengan tujuan yang beragam. Ada yang menggunakannya untuk mendukung sistem keamanan, ada yang digunakan untuk memantau kinerja karyawan, ada pula yang digunakan untuk mengawasi anak di rumah.

Tak heran jika saat ini menjamur tempat-tempat jual beli CCTV Tangerang misalnya yang menawarkan berbagai jenis CCTV dengan kualitasnya masing-masing.

Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut perbedaan antara kamera CCTV yang satu dengan yang lain, berikut jenis-jenis kamera CCTV yang umumnya ditemukan di seluruh dunia:

1.      Dome Camera

Dome Camera merupakan salah satu jenis kamera CCTV yang hanya dapat mengontrol ke satu arah saja. Kamera ini berbentuk bulat dan sekilas tidak tampak seperti kamera CCTV. Harga dome camera juga lebih mahal dibandingkan dengan tipe kamera CCTV yang lain.

2.      PTZ Camera

PTZ Camera atau Pan Tilt Zoom Camera adalah kamera CCTV yang dapat bergerak ke atas dan ke bawah serta ke kiri dan ke kanan. Kamera ini memiliki cakupan pengawasan yang lebih luas dibandingkan dome camera karena dapat mengontrol pada hampir semua sudut.

Keunggulannya, PTZ Camera ini memiliki fitur zoom otomatis yang dapat diperbesar berkali-kali lipat tanpa membuat objek menjadi buram atau blur. PTZ Camera banyak ditawarkan di toko jual beli CCTV Tangerang dan sangat efektif digunakan di area luas agar dapat menjangkau semua aktivitas di sana.

3.      Bullet Camera

Bullet Camera adalah jenis kamera CCTV yang digunakan di dalam ruangan. Kamera ini tidak dapat berputar seperti PTZ Camera dan hanya berfokus pada satu arah saja. Penggunaan paling umum jenis CCTV ini adalah di supermarket, rumah-rumah pribadi, dan pusat-pusat perbelanjaan.

4.      Spy Camera

Sesuai dengan namanya, Spy Camera adalah jenis kamera CCTV yang sering digunakan untuk memata-matai seseorang atau objek tertentu. Umumnya berbentuk pulpen, jam, kacamata, dan lain sebagainya. Harga Spy Camera sangat terjangkau dibanding jenis kamera CCTV lainnya.

5.      Day/Night Camera

Day/Night Camera merupakan kamera CCTV yang digunakan di luar ruangan. Kamera ini dapat menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan, baik siang maupun malam. Jenis kamera yang biasanya digunakan di jalan raya ini banyak ditawarkan di toko jual beli CCTV Tangerang yang ada di sekitar Anda.

6.      HD Camera

HD Camera adalah kamera CCTV yang memiliki resolusi sangat besar dibandingkan kamera CCTV lainnya. Kamera ini memiliki kualitas High Definition (HD) dan fitur pembesar (zoomer). Spesifikasi ini membuat jenis kamera ini mampu melihat gambar dengan lebih jelas.

7.      IP Camera/Network Camera

IP Camera merupakan salah satu kamera CCTV yang beresolusi tinggi. Kamera ini memiliki dua jenis yaitu berjenis wireless dan menggunakan kabel. Kamera jenis wireless memerlukan koneksi internet jika ingin digunakan. Sementara kamera yang menggunakan kabel biasanya membutuhkan kabel berjenis utp dengan panjang kurang lebih 100 meter. IP Camera/Network Camera ini juga membutuhkan hard drive yang besar dengan harga yang relatif lebih mahal.

8.      Outdoor Camera

Outdoor camera adalah jenis kamera CCTV yang memang dirancang khusus untuk mengamati objek di luar ruangan. Kelebihannya, kamera ini bisa dipasang dalam cuaca apapun. Meski saat hujan badai atau siang yang terik, kualitas gambar kamera ini bisa tetap stabil.

Jadi, sebelum Anda membeli kamera CCTV, pastikan Anda memahami terlebih dahulu jenis-jenis kamera CCTV agar dapat menentukan mana yang paling tepat untuk kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan budget dengan harga jual CCTV yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

0no comment

writer

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply