Bisnis,

5 Cara Menjalankan Bisnis Properti dengan Modal Minim

properti

Bisnis properti Indonesia akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Banyak sekali bisnis properti yang menjamur dimana-mana seiring dengan tingginya minat masyarakat akan tempat tinggal. Meski diakui sebagai salah satu jenis bisnis yang menjanjikan, namun mungkinkah kita bisa menjalankan bisnis ini dengan modal minim?

Sebenarnya modal minim tidak perlu dijadikan alasan bagi siapapun yang ingin memulai sebuah bisnis. Anda hanya dituntut untuk lebih kreatif untuk menjalankan bisnis dengan modal yang minim. Di awal, Anda bisa mencoba menjadi perantara terlebih dahulu atau sebagai agen properti. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak beberapa tips berikut ini:

1. Manfaatkan internet

Kemajuan bisnis properti Indonesia saat ini tak terlepas dari dukungan dunia internet. Manfaatkanlah segala informasi serta fitur-fitur yang ditawarkan di internet untuk mengembangkan bisnis properti Anda dan agar bisa menjadi agen properti yang sukses. Rajin-rajinlah mencari informasi mengenai lahan atau obyek properti yang akan dijual kemudian promosikan produk tersebut melalui internet. Gunakan nomor kontak yang mudah dihubungi agar calon pembeli dapat menghubungi Anda sewaktu-waktu.

2. Jalin hubungan yang baik dengan penjual

Tak bisa dipungkiri, memiliki hubungan yang baik dengan penjual akan menguntungkan Anda sebagai perantara bisnis properti. Anda tidak akan kesulitan menegosiasikan komisi penjualan atas sebuah obyek properti yang berhasil dipasarkan. Pihak penjual juga akan secara jujur menjelaskan berapa nilai komisi Anda karena hubungan baik yang terjalin selama ini.

3. Mencari informasi dari surat kabar

Dengan modal kurang dari lima ribu rupiah, Anda dapat memperoleh informasi terkini mengenai produk-produk properti favorit yang sedang diperjualbelikan dari surat kabar harian. Setelah itu, Anda dapat menghubungi pihak penjual properti yang ada dalam surat kabar tersebut.  Dengan begitu, Anda dapat memasarkan produk-produk property tersebut.

4. Tetapkan harga yang tepat

Dalam bisnis properti Indonesia, harga properti bisa jadi berbeda-beda karena dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kondisi bangunan, letak yang strategis, fasilitas yang memadai, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda harus cermat dalam menetapkan harga sesuai kualitas produk properti  agar mampu bersaing dengan perantara lainnya. Jika harga yang diberikan sudah tepat dan masuk akal, biasanya para pelanggan akan menghubungi Anda kembali ketika melakukan proses jual beli properti.

5. Bekerjasama dengan developer

Melakukan kerja sama dengan developer bisnis properti di Indonesia akan memberikan Anda kemudahan untuk memperoleh informasi terbaru seputar produk-produk properti. Mulai dari lokasi properti yang strategis, diskon, harga promosi, dan berbagai penawaran lainnya. Hal-hal menarik inilah yang nantinya akan membuat produk properti Anda dilirik konsumen.

Ternyata memulai bisnis properti dan menjadi seorang agen properti bisa dilakukan dengan modal minim, bukan? Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda tak perlu menghabiskan banyak modal untuk berbisnis di bidang properti. Semoga bermanfaat!

0no comment

writer

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply